Telp: (0721) 701418
  • Hubungi Kami
umitra
  • Home
  • Tentang Kami
    • Visi dan Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Singkat
  • Kuliah
    • Kalender Akademik
    • Panduan Akademik
    • Jurnal Altek
  • Program Studi
    • S1 - Sistem Informasi
    • S1 - Informatika
    • S1 - Teknologi Informasi
  • Survey
    • Survey
      • T.A 2020/2021
      • T.A 2021/2022
      • T.A 2022/2023
    • Pemahaman Visi Misi
      Prodi Teknologi Informasi
      • T.A 2021/2022
      • T.A 2022/2023
      • T.A 2023/2024
    • Kepuasan
      Mahasiswa Aktif
      • T.A 2021/2022
      • T.A 2022/2023
      • T.A 2023/2024
    • Kepuasan Dosen & Tendik
      Terhadap Layanan SDM
      • T.A 2021/2022 Ganjil
      • T.A 2021/2022 Genap
      • T.A 2022/2023 Ganjil
      • T.A 2022/2023 Genap
      • T.A 2023/2024 Ganjil
      • T.A 2023/2024 Genap
    • Kepuasan terhadap
      Sarana Prasarana
      • T.A 2021/2022 Ganjil
      • T.A 2021/2022 Genap
      • T.A 2022/2023 Ganjil
      • T.A 2022/2023Genap
      • T.A 2023/2024 Ganjil
      • T.A 2023/2024 Genap
    • Kepuasan mahasiswa terhadap
      proses pelaksanaan pendidikan
      • T.A 2021/2022 Ganjil
      • T.A 2021/2022 Genap
      • T.A 2022/2023 Ganjil
      • T.A 2022/2023 Genap
      • T.A 2023/2024 Ganjil
      • T.A 2023/2024 Genap
    • Kepuasan terhadap LPPM
      • T.A 2021/2022
      • T.A 2022/2023
      • T.A 2023/2024
    • Kepuasan Pengguna PKM
      • T.A 2021/2022
      • T.A 2022/2023
      • T.A 2023/2024
    • Tracer Study Prodi
      S1 Teknologi Informasi
      • T.A 2021/2022
      • T.A 2022/2023
      • T.A 2023/2024
    • Kepuasan Pengguna
      Lulusan
      • T.A 2022/2023
      • T.A 2023/2024
  • Data Survey
    • Survey
      • T.A 2020/2021
      • T.A 2021/2022
      • T.A 2022/2023
    • Pemahaman Visi Misi
      Prodi Teknologi Informasi
      • T.A 2021/2022
      • T.A 2022/2023
      • T.A 2023/2024
    • Kepuasan
      Mahasiswa Aktif
      • T.A 2021/2022
      • T.A 2022/2023
      • T.A 2023/2024
    • Kepuasan Dosen & Tendik
      Terhadap Layanan SDM
      • T.A 2021/2022 Ganjil
      • T.A 2021/2022 Genap
      • T.A 2022/2023 Ganjil
      • T.A 2022/2023 Genap
      • T.A 2023/2024 Ganjil
      • T.A 2023/2024 Genap
    • Kepuasan terhadap
      Sarana Prasarana
      • T.A 2021/2022 Ganjil
      • T.A 2021/2022 Genap
      • T.A 2022/2023 Ganjil
      • T.A 2022/2023 Genap
      • T.A 2023/2024 Ganjil
      • T.A 2023/2024 Genap
    • Kepuasan mahasiswa terhadap
      proses pelaksanaan pendidikan
      • T.A 2021/2022 Ganjil
      • T.A 2021/2022 Genap
      • T.A 2022/2023 Ganjil
      • T.A 2022/2023 Genap
      • T.A 2023/2024 Ganjil
      • T.A 2023/2024 Genap
    • Kepuasan terhadap LPPM
      • T.A 2021/2022
      • T.A 2022/2023
      • T.A 2023/2024
    • Kepuasan Pengguna PKM
      • T.A 2021/2022
      • T.A 2022/2023
      • T.A 2023/2024
    • Tracer Study Prodi
      S1 Teknologi Informasi
      • T.A 2022/2023
      • T.A 2023/2024
    • Kepuasan Pengguna
      Lulusan
      • T.A 2022/2023
      • T.A 2023/2024
  • Galeri
  • Fasilitas
    • Laboratorium Komputer
    • Perpustakaan
    • Pusat Pengembangan Karir Mahasiswa
    • ATM
    • Masjid
    • Teknologi Informasi / Internet
    • Sarana Parkir
background

  1. Home
  2. Berita
  3. Mahaisiswa Umitra Kunjungi PDII LIPI

Mahaisiswa Umitra Kunjungi PDII LIPI

Selasa, 10 Mei 2016    Oleh admin    Dilihat 2419x   

Bandar Lampung --  Ratusan mahasiswa dari STMIK dan AMIK Umitra mengadakan kunjungan lapangan Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI, di Jakarta, 9/05/2016.

Kunjungan lapangan ini menurut dosen pembimbing Arie Setya Putra, untuk melihat secara langsung institusi terdepan di bidang dokumentasi dan informasi dalam rangka ikut membangun masyarakat yang adil, cerdas, kreatif, integrative dan dinamis berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi yang humanistik. “PDII LIPI adalah melaksanakan pemberian jasa, penelitian dan pengembangan di bidang dokumentasi dan informasi ilmiah,” ungkap Arie.

Kunjungan Lapangan ini dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan mahasiswa Umitra yang dilakukan di Jakarta dan Bandung, dengan mengunjungi beberapa tempat terkait dengan teknologi dan industri.

Ilmu pengetahuan adalah kekuatan yang sering diucapkan oleh para cendekia di zaman ini.. Untuk melestarikan ilmu pengetahuan pemerintah mendirikan Pusat Dokumentasi Ilmiah Nasional (PDIN) pada tanggal 1 Juni 1965. PDIN merupakan salah pusat di bawah organisasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia – LIPI.

21 tahun kemudian seiring dengan perkembangan zaman yang menuntut organisasi lebih adaptif, PDIN diubah namanya menjadi Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII). Penambahan kata informasi bukanlah tanpa makna, akan tetapi mengandung pancaran citra ke arah yang lebih maju.

PDII LIPI mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan dan pemberian jasa dokumentasi informasi ilmiah sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan ketua LlPI
Untuk merealisasikan tugas pokok tersebut PDII melakukan tiga jenis kegiatan utama yaitu jasa dokumentasi, jasa informasi, pembinaan dan pengembangan di bidang dokumentasi informasi.

Pendokumentasian dilaksanakan secara computerized melalui pengembangan pangkalan data bibliografis untuk memberikan kemudahan akses informasi. Pangkalan data yang tersedia meliputi monografi, prosiding, tesis, laporan hasil penelitian, Riset Unggulan Terpadu (RUT), artikel majalah ilmiah Indonesia, makalah seminar dan informasi paten.

Pengembangan pangkalan data menggunakan software aplikasi WINISIS yang merupakan nama popular dari Computerized Documentation System/Integrated Set of Information System (CDS/ISIS) versi Windows.

Selain dalam bentuk tercetak PDII juga melakukan pelestarian bahan pustaka dengan mengalihmediakan dalam bentuk mikrofis dan mikrofilm, terutama bagi artike-artikel mengenai Indonesia. PDII mempunyai fasilitas yang memadai, dan telah berpengalaman puluhan tahun untuk melaksanakan kegiatan ini.

Kegiatan jasa dokumentasi yang dilakukan antara lain selalu mengikuti munculnya literatur ilmiah dan usaha untuk mendapatkannya. Dokumentasi tersebut selanjutnya diolah dan disiapkan dalam bentuk pangkalan data dan himpunan literatur pangkalan data tersebut telah dapat diakses melalui jaring informasi global atau internet.

Guna menjangkau pemakai yang belum mempunyai kemudahan akses pada jaringan tersebut secara berkesinambungan PDII LIPI menerbitkan bentuk literatur sekunder seperti indeks sari karangan, katalog induk dan lain-lain.

Kegiatan jasa informasi mencakup semua upaya untuk memenuhi kebutuhan informasi yang diperlukan pengguna baik dikerjaan sendiri maupun bekerja sama dengan pihak lain. Untuk itu PDII-LIPI berusaha menggali sumber informasi yang ada pada koleksi sendiri serta mengakses berbagai pangkalan data di luar negeri melalui internet.

Berbagai jasa informasi ilmiah yang disediakan oleh PDII-LIPI antara lain, kegiatan perpustakaan, kegiatan jasa paket informasi ilmiah, jasa informasi teknologi, jasa informasi ilmu hayati, jasa informasi rekayasa dan industri.

PDII mempunyai perpustakaan yang diperuntukkan bagi pengguna yang datang langsung memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Bagi pengguna yang tidak mempunyai keterbatasan waktu, kemampuan menemukan informasi dengan cepat dan ingin mendapatkan informasi yang sesua dan siap dimanfaatkan, PDII menyajikan beberapa bentuk kemasan informasi yang disesuaikan dengan keperluan (tailor made).

Penelitian yang dilakukan meliputi penelitian untuk mencari cara yang efektif dan efisien dalam upaya meningkatkan kinerja PDII melalui penyusunan konsep dan pemetaan ilmu pengetahuan. Luaran dari kegiatan ini adalah publikasi ilmiah, laporan penelitian, artikel majalah, makalah seminar dan buku.

Penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan antara lain knowledge management dengan studi kasus jambu mete, penerapan knowledge management pada organisasi, studi kebijakan dokumentasi, pemetaan ilmu pengetahuan dan teknologi studi kasus bidang antropologi dan ilmu hayati.

Untuk merealisasikan semua kegiatan tersebut PDII LIPI didukung oleh 150 karyawan, 45% dari jumlah tersebut menduduki jabatan fungsional pustakawan, arsiparis, peneliti, perencana, pranata humas, analis kepegawaian dan pranata komputer. Sisanya adalah tenaga teknis bidang reprografi , mikrografi dan telematika serta tenaga adminstratif.

Dalam era yang kian menuntut pacuan yang lebih kencang seperti sekarang ini, PDII LIPI tidak ingin cepat puas, prestasi yang sudah diraih tak bisa sekedar digenggam tetapi justru harus diteruskan lagi hingga mencapai titik yang lebih tinggi.

Dalam zaman persaingan ini, perencanaan masa depan PDII LIPIl ditonjolkan pada upaya peningkatan pelayanan tidak terbatas pada mempertahankan prestasi yang telah diraih, sebab paradigma kepuasan pemakai setiap saat selalu berubah seiring perkembangan waktu.

Untuk itu pekerjaan PDII-LIPI di masa yang akan datang menjadi lebih berat selain karena beragamnya masyarakat pengguna yang harus dilayani juga karena makin progresifnya akselerasi transformasi teknologi informasi yang membuat para penguna lebih sadar dalam hal pelayanan informasi dan pustaka teknologi.

Memamg pada era globalisasi sekarang ini sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang dokumentasi dan informasi mutlak melandasi setiap langkahnya dengan kecendikiaan dan PDII-LIPI telah melakukannya dengan baik.

Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI memiliki tugas dan wewenang untuk melakukan pemantauan atas seluruh publikasi terbitan berkala yang diterbitkan di Indonesia. Sebagai bagian dari tanggung-jawab tersebut, PDII menerbitkan ISSN (International Standard of Serial Number) yang merupakan tanda pengenal unik setiap terbitan berkala yang berlaku global.








Berita Lainnya

13 Mei 2025
UKM Senior UMITRA Sukses Gelar GWB 2025
07 Mei 2025
Alhamdulillah, Bisnis Digital dan Pariwisata Prodi (S-1) Kewirausahaan, Fakultas Bisnis Universitas Mitra Indonesia Raih Akreditasi BAIK SEKALI dan Makin Diminati Alumni SMA/SMK
06 Mei 2025
Program Studi S1 Kewirausahaan UMITRA, Satu-Satunya Prodi di Lampung Yang Raih Akreditasi Baik Sekali
25 April 2025
UMITRA Kunjungi PT. Pos (Persero) KCU Bandarlampung, Bahas Rencana Kerja Strategis
21 April 2025
Raih Akreditasi Baik Sekali, Prodi S1 Teknologi Informasi UMITRA Terus Timgkatkan Mutu Akademik sebagai prodi Unggulan di Provinsi Lampung
12 April 2025
Halal Bihalal UMITRA - Global Surya; Perkuat Silaturahmi dalam Visi `Partnership` dan `Technopreneur` Tridarma Kampus
26 Maret 2025
Andi Surya dan Keluarga Tunaikan Zakat Mal Kepada Ribuan Mustahik di UMITRA
24 Maret 2025
UMITRA Lantik Pejabat Baru di Bulan Ramadhan Penuh Berkah
08 Januari 2025
Campus Expo SMAN1 Gedongtataan: `Mau Kaya, Jadi Pengusaha Kuliah di Prodi Kewirausahaan Umitra`
12 Desember 2024
Penutupan UMITRA Festival 2024 Meriah Dengan Trophy Juara, Pentas Seni dan Cak Culay
05 Desember 2024
Komitmen Tingkatkan Minat Baca, UMITRA Festival 2024 Siapkan Beasiswa 700 Juta
21 Oktober 2024
Presiden Baru, Harapan Baru
14 Oktober 2024
Lulusan Profesi Ners Angkatan XIX UMITRA diangkat Sumpah Profesi Perawat
05 Oktober 2024
Mahasiswa Profesi Ners UMITRA melaksanakan Janji Kepaniteraan
26 September 2024
Pilgub Lampung, Pertarungan Dua Generasi, Milenial dan Boomers
26 September 2024
Tingkatkan Mutu Pendididkan Tinggi yang Unggul, UMITRA Konsisten Lakukan Audit Internal
02 September 2024
Perkuat Kerjasama Internasional, UMITRA Studi Banding ke University Kebangsaan Malaysia
UMITRA
Jl. Za. Pagar Alam Gedung Meneng No. 7
Kampus Universitas Mitra Indonesia
35144


Telephone: (0721) 701418
Email: info@umitra.ac.id

Pengumuman

  • DAFTAR JADWAL PERKULIAHAN INFORMATIKA
  • KARISMA - OJK PAPER AWARD 2025
  • Audit External Keuangan Prodi S1- Sistem Informasi
  • Kuesioner Penelusuran Alumni Fakultas Bisnis UMITRA
  • RPS Prodi S1-Manajemen Fakultas Bisnis
  • RPS Prodi S1-Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan
  • RPS (Rencana Pembelajaran Semester) Fakultas Kesehatan

Berita Terbaru

  • 13 Mei 2025 UKM Senior UMITRA Sukses Gelar GWB...
  • 07 Mei 2025 Alhamdulillah, Bisnis Digital dan...
  • 06 Mei 2025 Program Studi S1 Kewirausahaan UMITRA,...
  • 25 April 2025 UMITRA Kunjungi PT. Pos (Persero) KCU...

External Link

  • Umitra
  • RISTEKDIKTI
  • Forlap Dikti
  • Kopertis II
  • SilemKerma
© 2018 Universitas Mitra Indonesia - All rights reserved